Saturday, April 4, 2020

Wayang Bilangan? Tips mengajarkan penjumlahan dan pengurangan bilangan

Penjumlahan bilangan bulat merupakan pelajaran yang sederhana bagi siswa SMP. Akan tetapi banyak sekali siswa yang mengalami kendala dalam pelajaran ini. Waktu siswa berada di tingkat dasar, penjumlahan ini sudah ada tapi hanya sebatas penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan nol. Pada jenjang SMP siswa diajarkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif, nol dan negatif. Banyak siswa yang mengalami kesusahan dalam memahami penjumlahan maupun pengurangan, terutama pada bilangan bulat negatif. Guru harus mempunyai tips-tips khusus untuk mengajarkan materi ini. Nah pada artikel ini akan saya sampaikan bagaimana cara mengajarkan penjumlahan maupun pengurangan bilangan bulat menggunakan 'wayang bilangan'.
Wayang bilangan yang dimaksud disini adalah media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mengajarkan penjumlahan maupun pengurangan bilangan bulat. Guru perlu melakukan persiapan dengan membuat wayang bilangan yang sederhana, bisa terbuat dari karton dan sebisa mungkin buat wayang bilangan yang menarik untuk memotivasi siswa.
Sebelum membelajarkan dengan wayang bilangan, ada beberapa hal yang perlu di sepakati dan dipahami dulu oleh siswa.
1. Perkalian yang berbeda tanda hasilnya negatif, sedangkan perkalian yang tandanya sama hasilnya positif. Misal: $-(-2)=-1\times (-2)=2$
2. Posisi wayang bilangan menghadap ke kanan di titik 0 pada garis bilangan. "+" artinya maju dan "-" artinya mundur. Kalau dalam soal terdapat "5-2=..." berarti "+5-2=...". Artinya kalau kita menggunakan wayang bilangan, maka di posisi 0 wayang bilangan menghadap ke kanan dan maju sebanyak 5 langkah karena (+5), dari posisi itu wayang bilangan mundur sebanyak 2 langkah karena (-2). Kalau di ikuti dengan benar, maka posisi akhir wayang bilangan berada pada titik 3, maka nilai dari "5-3=2".
Misalkan soal lain, yaitu "-6+4=...". Posisikan wayang bilangan di titik 0 dan menghadap ke kanan, dari posisi itu wayang bilangan bergerak mundur sebanyak 6 langkah karena (-6), sekarang maju sebanyak 4 langkah karena (+4). Kalau kegiatan ini dilakukan dengan benar, maka posisi wayang tersebut sekarang berada pada titik (-2). Maka hasil dari "-6+4=-2". 
Dengan kegiatan ini diharapkan siswa akan termotivasi belajar karena mereka bisa bermain sambil belajar menggunakan alat peraga wayang bilangan. Sekalipun sederhana, ini cukup membantu siswa dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

0 comments:

Post a Comment

andre pradnya. Powered by Blogger.